Jumat, 14 September 2012

Manfaat Daun Sirih Merah

Manfaat daun sirih telah diakui nenek moyang kita untuk kesehatan, serta penelitian baru-baru ini tunjukkan faedah yang dimilikinya terlebih daun sirih merah memanglah benar apa adanya. ciri khas tanaman tropis ini yaitu berbatang bulat hijau keunguan serta tidak berbunga. permukaan daun sirih merah mengkilap serta tidak merata dan jadi produksi teh merah bertangkai membentuk jantung hati serta bagian atasnya meruncing. 

Daun sirih merah sama halnya dengan hijau juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. faedah tanaman ini dari ivorra, m. d didalam buku "a review of alami product and plants as mungkin antidiabetic, " mempunyai senyawa aktif alkaloid teh sirih serta flavonoid teh merah yang bisa menurunkan kandungan glukosa darah. 

Apalagi manfaat dari daun sirih merah ini telah betul-betul digunakan oleh masyarakat sleman dengan turun temurun. tak hanya kencing manis, masyarakat disana memakai sirih merah jadi obat tradisional buat mengatasi penyakit layaknya kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan serta maag, peradangan, hipertensi ( darah tinggi ), serta ambien. 

Dua peneliti dari ipb yakni mbak mega safithri serta farah fahma sudah meneliti toksisitas ekstrak air daun sirih merah serta kemampuannya saat menurunkan kandungan glukosa darah pada binatang bernama tikus. sejumlah 200 gram daun sirih merah direbus berbarengan 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. perbandingan berat daun sirih merah dengan volume ekstrak rebusan yang diminum yaitu 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1. yang mana daun sirih merah amat safe untuk dikonsumsi/ 

Faedah didalam daun sirih merah memanglah belum demikian banyak, semoga makin banyak penelitian yang bisa mengungkan khasia tersembunyi yang ada pada tanaman ini. bukankan tiap-tiap ciptaan tuhan selallu mempunyai faedah untuk manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar