Senin, 01 Oktober 2012

Penyebab Ketombe

Ketombe, pastinya anda dulu mendengar atau alami masalah rambut yang satu ini, bukan hanya ? ketombe adalah keadaan kritis di mana terjadi kerontokan pada kulit kepala, yang ditandai dengan gatal serta pengelupasan kulit kepala. walau ketombe tidak menular serta jarang yang serius, namun perihal ini dapat memalukan serta kadang-kadang sukar untuk diobati 

Tanda-tanda 
tak hanya pada orang dewasa, penyakit ini juga dapat nampak pada bayi, atau biasa dimaksud dengan cradle cap. perihal ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir, namun bisa terjadi setiap saat sampai pada saat kanak-kanak. walau jadi peringatan untuk orang tua, cradle cap tidak beresiko serta umumnya hilang bersamaan dengan waktu. pada banyak remaja serta orang dewasa, tanda-tanda ketombe gampang dipandang yakni serbuk putih, serpihan kulit mati pada kepala yang berminyak, berbentuk titik-titik pada rambut serta pundak, serta umumnya merasa gatal. 

Pemicu ketombe ini bisa dikarenakan oleh : 

Kulit kering. kulit kering merupakan pemicu utama kegatalan serta kerontokan kulit kepala. serpihan dari kulit kering ini biasanya lebih kecil serta sedikit berminyak. 
iritasi kulit berminyak ( seborrheic dermatitis ). keadaan ini kerap mengakibatkan ketombe. ditandai dengan kemerahan, kulit berminyak yang tertutup serpihan putih atau sisik kuning. seborrheic dermatitis menyebabkan bukan sekedar pada kulit kepala namun juga area lain yang mempunyai banyak kelenjar minyak, layaknya alis mata, segi hidung serta di belakang telinga, dada serta kadang-kadang pada ketiak.  
kerap tidak memakai sampo. bila anda tidak bersihkan rambut dengan teratur, minyak serta sel kulit pada kulit kepala bisa terbentuk, serta selanjutnya bisa mengakibatkan ketombe. 
psoriaris. penyakit kulit ini mengakibatkan akumulasi sel kulit yang mati membentuk sisik perak. psoriaris umumnya terjadi pada lutut, siku, serta bagian badan lain, namun juga bisa terjadi pada kulit kepala. 
eksim. bila anda mempunyai eksim pada kulit kepala, kemungkinan anda dapat terkena ketombe. 
sensitivitas pada product perawatan rambut. kadang-kadang sensitivitas pada product perawatan rambut spesifik atau cat rambut bisa mengakibatkan kemerahan, gatal, serta kerontokan kulit kepala. membersihkan rambut dengan sampo terus-terusan atau memakai terlampau banyak product untuk rambut juga bisa mengakibatkan iritasi pada kulit kepala, serta dapat mengakibatkan ketombe. 
ragi-seperti jamur ( malassezia ). malassezia umumnya hidup di kulit kepala pada banyak orang dewasa tanpa mengakibatkan problem. namun kadang-kadang jamur ini tumbuh diluar kendali serta mengonsumsi minyak yang keluar dari pori-pori kepala. perihal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala serta mengakibatkan banyak sel kulit tumbuh. berlebihan sel kulit dapat mengakibatkan sebagian sel tersebut mati serta jatuh. 
factor risiko 
nyaris seluruh orang mempunyai ketombe, namun factor spesifik bisa bikin anda lebih rawan : 

Umur. ketombe umumnya diawali pada waktu umur muda. namun bagaimanapun juga bukan hanya bermakna orang dengan umur lanjut tidak mempunyai ketombe. untuk sebagian orang problem ini bisa berlanjut untuk waktu yang lama. 
lelaki. lebih dari satu ilmuan berpikir hormon lelaki mempunyai peran saat mengakibatkan ketombe, hingga lelaki lebih punya potensi terkena ketombe. lelaki juga mempunyai semakin banyak produksi minyak kulit serta rambut yang berkontribusi mengakibatkan ketombe. 
rambut serta kulit kepala yang berminyak. malassezia mengonsumsi minyak pada kulit kepala. untuk alasan itu, mempunyai minyak pada kulit serta rambut dengan berlebih bikin anda lebih rawan berketombe. 
diet yang salah. bila diet anda kekurangan makanan yang memiliki kandungan zat besi, vit. b atau lemak type spesifik, anda lebih gampang untuk berketombe. 
penanggulangan 
ketombe umumnya bisa dikontrol. pada masalah yang mudah, cukup hanya membersihkan rambut tiap-tiap hari dengan pembersih yang lembut. pada masalah yang lebih sukar, umumnya memerlukan sampo medis untuk mengobatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar